idota2

Mengatasi Indukan Lovebird Yang Macet Bertelur

{[['']]}
Tips Cara Atasi Indukan Burung Lovebird Macet Bertelur - Bagi kalian yang sengaja memelihara burung lovebird untuk di ternakan, pastinya kalian pernah mengalami masalah berupa indukan lovebird yang berhenti memproduksi telur atau macet bertelur. Hal ini dianggap menjadi salah satu ujian atau cobaan yang harus di lalui oleh para perternak lovebird di Indonesia. Nah diartikel kali ini saya akan membahas cara mengatasi indukan lovebird yang macet bertelur.

Perlu di ketahui bahwa lovebird merupakan jenis burung monogami yang hanya setia pada satu pasangan seumur hidupnya. Jadi, saat lovebird betina mulai berhenti bertelur, kalian tidak bisa memisahkan lovebird jantan atau pasangannya kepada lovebird betina lain untuk kembali di kawinkan. Oleh karena itu, satu - satunya cara untuk mengatasi indukan lovebird yang berhenti bertelur adalah dengan mengatasi faktor permasalahan atau penyebabnya.

Mengatasi Indukan Lovebird Yang Macet Bertelur

http://kicaumaster89.blogspot.com/

Terdapat beberapa faktor yang dapat menyebabkan indukan lovebird macet bertelur. Mulai dari kekurangan asupan nutrisi, kekurangan sinar matahari, hingga kebersihan kandang yang kurang terjaga. Selain itu, lovebird yang mendeteksi adanya predator atau pemangsa seperti tikus atau kucing juga akan merasa terganggu dan dapat mempengaruhi kepada proses peneluran. Oleh karena itu, untuk kalian yang mengalami masalah serupa, berikut ini adalah cara - cara yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi indukan lovebird yang macet bertelur.

  • Selalu Penuhi Kebutuhan Asupan Nutrisi Lovebird
Kebutuhan pakan dan asupan nutrisi sangat mempengaruhi indukan lovebird saat ingin bertelur. Kemungkinan besar indukan lovebird macet bertelur di karenakan asupan nutrisi yang kurang terpenuhi dan jenis makanan yang terlalu monoton.


Untuk makanan sehari - hari, sebaiknya kalian memberikan milet putih atau sayuran hijau yang masih segar kepada lovebird. Namun, jika kalian ingin lovebird segera bertelur, beberapa peternak menyarankan untuk memberi tambahan jagung muda untuk memperlancar produksi telur. Selain itu, kalian juga dapat memberikan kangkung untuk merangsang birahi lovebird.

  • Jaga Kebersihan Sangkar Atau Kandang Lovebird
Kebersihan kandang dan area di sekitar lovebird juga dapat mempengaruhi produktivitas telur lovebird. Jika kandang lovebird penuh dengan kotoran, maka lovebird cenderung akan malas untuk bertelur. Oleh karena itu, kalian harus membersihkan kandang lovebird secara rutin bila ingin indukan lovebird terus bertelur.


Selain itu, jangan gunakan glodok atau tempat mengerami telur yang sama selama lebih dari 2 kali. Hal ini juga di karenakan bekas - bekas kutu dan kotoran dari anak lovebird akan tertinggal di dalam tempat tersebut. Ada baiknya jika kalian mengganti glodok setiap lovebird telah melewati masa penetasan atau anak lovebird sudah keluar dari tempat tersebut. Namun bila tidak sempat, kalian cukup membersihkan glodok jika di rasa sudah kotor.

  • Jauhkan Sarang Lovebird Dari Pemangsa
Saat merasa mendeteksi adanya pemangsa di sekitar mereka, lovebird akan merasa terancam dan menjadi stress. Hal inilah yang dapat menyebabkan indukan lovebird berhenti bertelur dan lebih memilih untuk melindungi dirinya. Meskipun sudah berada di dalam sangkar, insting lovebird tetap akan merasa terancam bila mendeteksi adanya pemangsa.


Oleh karena itu, selalu tempatkan kandang lovebird di tempat yang aman. Jika kalian juga memelihara kucing atau anjing, pastikan untuk selalu mengangtung sangkar lovebird. Jangan lupa untuk menaburkan kapur barus atau lem tikus untuk menghindari lovebird di ganggu oleh tikus dan semut.

  • Penuhi Asupan Sinar Matahari
Hal yang paling utama untuk melancarkan proses peneluran pada indukan lovebird adalah asupan sinar matahari yang harus terpenuhi. Usahakan untuk selalu menjemur baik indukan lovebird maupun lovebird jantan setiap habis mandi atau di bersihkan. Hal ini dapat mencegah lovebird terserang penyakit dan terkena virus - virus berbahaya.

Terapkan cara di atas tentang cara mengatasi indukan lovebird yang macet bertelur, saya yakin lovebird anda dapat kembali bertelur seperti sebelumnya.

Sekian artikel saya tentang cara mengatasi indukan lovebird yang macet bertelur, semoga di artikel kali ini dapat bermanfaat bagi kalian yang sedang mengalami masalah indukan lovebird yang macet bertelur.
Terima kasih telah berkunjung di blog saya, salam kicaumaster.

Mengatasi Indukan Lovebird Yang Macet Bertelur - Kibung - Kicau Burung

Mengatasi Indukan Lovebird Yang Macet Bertelur - Kibung - Kicau Burung

Terimakasih anda telah membaca artikel Kibung - Kicau Burung dengan judul Mengatasi Indukan Lovebird Yang Macet Bertelur masih banyak artikel lainya yang bisa anda baca.
Share Artikel :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Support : Team Gardu | IDota 2 | Okezone
Copyright © 2015. Kibung - Kicau Burung - All Rights Reserved
Template Created by uzanc Published by Barc0de Lab
Proudly powered by Blogger