idota2

Cara Merawat Lovebird Yang Sedang Mabung

{[['']]}
Tips Perawatan Lovebird Saat Proses Mabung - Mabung merupakan sebuah kondisi yang akan di alami oleh hampir semua burung lovebird. Dalam kondisi ini, lovebird akan mengalami kerontokan atau kebotakan pada bulu - bulunya. Meskipun pada akhirnya bulu tersebut akan kembali tumbuh dalam jangka waktu beberapa bulan, namun bagi sebagian orang yang baru pertama kali memelihara lovebird pasti akan merasa kebingungan atau panik saat lovebird sedang mabung, jadi diartikel kali ini saya akan membahas tentang cara merawat lovebird yang sedang mabung.

Pada burung lovebird, terdapat 2 jenis mabung yaitu mabung keseluruhan atau sempurna dan mabung nyulam atau sebagian. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor mulai dari gen, kondisi cuaca dan suhu di sekitarnya. Selain itu, penanganan atau perawatan yang kita berikan kepada lovebird juga dapat mempengaruhi jenis mabung dan lamanya lovebird mengalami mabung.

http://kicaumaster89.blogspot.com/

Cara Merawat Lovebird Yang Sedang Mabung

Umumnya, lovebird akan memasuki masa mabung pada usia 4 hingga 7 bulan. Jika di beri penanganan yang tepat, kondisi ini tidak akan berlangsung lama atau hanya sekitar 2 - 3 bulan. Namun, jika tidak di berikan penanganan yang tepat, lovebird bisa mengalami mabung dalam jangka waktu yang lebih lama. Oleh karena itu, untuk kalian yang masih bingung cara merawat lovebird yang sedang mabung, ada baiknya jika kalian membaca tips - tips merawat lovebird mabung berikut ini.


  • Pindahkan sangkar lovebird ke tempat yang lebih sepi saat lovebird sedang mabung. Hal ini di lakukan agar proses perontokan atau ngurak dapat berjalan dengan lancar.
  • Tutup sangkar burung lovebird dengan kerodong selama mengalami masa mabung agar suhu badan lovebird tetap terjaga.
  • Jangan mandikan lovebird jika masih dalam masa mabung. Hal ini akan membuat bulu - bulu yang tumbuh menjadi alot dan kurang sempurna.
  • Jika kalian ingin menjemur lovebird, sebaiknya lakukan pada saat bulu - bulu lovebird telah mulai tumbuh.
  •  Jangan lupa untuk memberikan makanan  tambahan berupa kangkung, kuaci, dan jagung untuk membantu memperlancar proses mabung


Selama lovebird mengalami mabung, kalian sangat tidak di sarankan untuk menjemur burung ini. Hal ini dikarenakan proses penjemuran dapat membuat bulu - bulu pada tubuh lovebird tidak dapat tumbuh dengan sempurna. Oleh karena itu, sebaiknya kalian melatih kicauan burung lovebird selama proses mabung. Perbanyaklah menyetel kicauan - kicauan burung melalui mp3 atau handphone di dekat burung lovebird. Dengan begitu, cepat atau lambat lovebird akan mengingat kicauan yang ia dengar dan akan mulai menirunya atau dengan kata lain memasteri lovebird.

Selain itu, untuk cara merawat lovebird yang sedang mabung, kalian juga dapat memberikan tambahan lidah buaya untuk mempercepat proses penumbuhan bulu baru pada lovebird. Sama dengan manusia, lidah buaya juga dapat membantu proses penumbuhan bulu pada burung. Untuk mempermudah, kalian bisa mencampurkan lidah buaya dengan air yang di gunakan untuk mandi lovebird. Dengan begitu, lidah buaya dapat menempel keseluruh bagian tubuh lovebird secara merata setiap kali lovebird mandi.

Nah itu tadi artikel tentang cara merawat lovebird yang sedang mabung, lakukanlah cara seperti di atas untuk perawatan lovebird yang dalam proses mabung, semoga dengan membaca dan memahami artikel diatas dapat membantu kalian semua.
Terimakasih telah berkunjung di blog saya, akhir kata salam kicaumaster.

Cara Merawat Lovebird Yang Sedang Mabung - Kibung - Kicau Burung

Cara Merawat Lovebird Yang Sedang Mabung - Kibung - Kicau Burung

Terimakasih anda telah membaca artikel Kibung - Kicau Burung dengan judul Cara Merawat Lovebird Yang Sedang Mabung masih banyak artikel lainya yang bisa anda baca.
Share Artikel :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Support : Team Gardu | IDota 2 | Okezone
Copyright © 2015. Kibung - Kicau Burung - All Rights Reserved
Template Created by uzanc Published by Barc0de Lab
Proudly powered by Blogger