idota2

Cara Memelihara dan Merawat Lovebird Rumahan

{[['']]}
Tips Cara Memelihara dan Perawatan Lovebird Rumahan - Burung lovebird merupakan salah satu jenis burung yang memiliki banyak peminat di Indonesia. Beberapa orang sengaja memelihara burung lovebird untuk menikmati alunan kicauannya. Selain itu, burung ini memiliki perpaduan warna yang cerah dan beragam. Sehingga lebih menarik untuk di amati dan di pelihara. Nah disini saya akan membahas cara memelihara dan merawat lovebird rumahan dengan baik dan benar.

Lovebird termasuk dalam jenis burung paruh bengkok yang memiliki ukuran tubuh kecil. Sehingga kalian tidak perlu menyediakan tempat yang luas untuk dapat menikmati kicauan burung ini. Bahkan, banyak orang yang berhasil membudidayakan atau beternak burung lovebird meskipun hanya memiliki tempat di area perumahan atau bahkan apartemen. Nah, untuk kalian yang ingin mencoba sekedar memelihara atau bahkan beternak burung lovebird, berikut ini adalah beberapa tips memelihara burung lovebird di area perumahan yang memiliki lahan sempit.

Cara Memelihara dan Merawat Lovebird Rumahan

http://kicaumaster89.blogspot.com/

  • Persiapkan Sangkar
Hal utama yang perlu di siapkan sebelum membeli burung lovebird adalah mempersiapkan sangkarnya terlebih dahulu. Jika kalian hanya ingin memelihara satu ekor burung lovebird, kalian cukup menyediakan satu buah sangkar besi berukuran sedang atau kecil. Dengan begitu, lovebird tidak akan terlalu aktif bergerak dan lebih banyak berkicau atau mengeluarkan suara.

Namun, jika kalian ingin mencoba beternak atau memelihara sepasang burung lovebird, ada baiknya jika kalian menyiapkan sangkar berukuran besar. Jangan lupa untuk memberikan sekat pembatas untuk memisahkan loverbird jantan dengan betina. untuk cara beternak lovebird kalian bisa baca DISINI

  • Pilih Pakan Yang Tepat
Untuk merawat lovebird dengan kualitas yang bagus, kalian juga harus memberikan jenis pakan yang tepat. Untuk lovebird yang masih dalam usia muda atau dibawah 1 tahun, pemberian pakan harus dalam bentuk yang bervariasi. Beberapa jenis pakan terbaik yang bisa kalian berikan adalah biji bunga matahari, biji sawi, jumawut, kuaci, milet putih, milet merah, dan pelet.

Selain itu, hindari memberikan buah apel kepada lovebird. Meskipun sebenarnya buah ini merupakan buah yang memiliki banyak manfaat, namun daerah biji pada buah apel dapat mengganggu kualitas kicauan pada burung lovebird. Hindari juga memberikan makanan yang berbahaya untuk lovebird seperti alpukat, bawang putih, dan makanan yang mengandung banyak susu atau gula.

  • Perawatan Sehari – hari
Agar burung lovebird terhindar dari penyakit - penyakit kulit, kalian harus memandikannya secara rutin. Dengan begitu, kesehatan dan kebersihan burung ini akan lebih terjaga. Selain itu, memandikan lovebird secara rutin juga dapat di lakukan agar bulu pada burung ini terhindar dari kerontokan.

Untuk memandikan burung lovebird, kalian dapat melakukannya di pagi hari arau menjelang siang hari dengan cara menyemprotkan air menggunakan sprayer hingga permukaan bulu lovebird menjadi basah. Jangan lupa untuk mengusap bagian badan lovebird untuk memastikan air mengenai bagian kulit lovebird dan untuk memeriksa apakah ada bulu yang rontok. Setelah itu, jemur lovebird di bawah sinar matahari selama 15 menit atau hingga bulu - bulu burung telah mengering.

Terapkan cara memelihara dan merawat lovebird rumahan di atas dengan tepat, semakin banyak kita  memelihara lovebird, semakin besar peluang kita untuk mendapatkan burung yang kita dambakan, apalagi sampai kalian bercita - cita untuk beternak lovebird, banyak para kicau mania yang sukses dengan beternak lovebird, nah jadi bagaimana menurut kalian?...

Demikian tips cara memelihara dan merawat lovebird rumahan, semoga artikel kali ini dapat membantu kalian yang ingin memelihara lovebird untuk di rumah sebagai burung peliharaan, terima kasih telah berkunjung di blog saya, akhir kata salam kicaumaster.


Cara Memelihara dan Merawat Lovebird Rumahan - Kibung - Kicau Burung

Cara Memelihara dan Merawat Lovebird Rumahan - Kibung - Kicau Burung

Terimakasih anda telah membaca artikel Kibung - Kicau Burung dengan judul Cara Memelihara dan Merawat Lovebird Rumahan masih banyak artikel lainya yang bisa anda baca.
Share Artikel :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Support : Team Gardu | IDota 2 | Okezone
Copyright © 2015. Kibung - Kicau Burung - All Rights Reserved
Template Created by uzanc Published by Barc0de Lab
Proudly powered by Blogger