Cara Merawat Burung Kenari - Agar Tetap Gacor Dan Sehat

{[['']]}
Sahabat kicau mania burung Kenari adalah jenis burung berkicau yang juga banyak disukai para penggemar burung khususnya di Indonesia. Selain lucu dengan banyaknya pilihan variasi warna bulunya yang lucu dan menarik, kicau burung Kenari yang sudah gacor juga enak dan merdu sekali didengar.

Bagi anda yang kebetulan punya burung Kenari, sebaiknya harus memahami cara merawat burung Kenari agar kondisi kesehatan burung selalu terjaga dan tetap prima. Dengan kondisi yang stabil tentunya burung Kenari kesayangan anda akan terus rajin berkicau. Bukankah hal yang menyenangkan sekaligus membanggakan apabila kita memiliki burung Kenari yang gacor.


cara-merawat-burung-kenari

10 Cara Merawat Burung Kenari


  • 1. Penting untuk menghindari hembusan angin yang terlalu kencang. Angin kencang atau yang bertiup secara langsung ke arah burung Kenari. Jika anda menggantung sangkar kenari, baik itu di dalam atau di luar ruangan, sebaiknya usahakan agar di tempat tersebut tidak ada hembusan angin kencang. Hindari dan jangan menempatkannya burung Kenari di depan jendela, dekat lubang udara, atau pas di depan kipas angin, dan pendingin ruangan secara langsung. Sepertinya hal itu terlihat sangat spele dan bahkan banyak pemilik burung yang malah mengabaikan hal yang sebetulnya harus dihindari tersebut. Kenapa hembusan angin kencang yang secara langsung ke arah burung harus dihindari? Sebab efek dari hembusan angin kencang inilah yang justru banyak membuat burung Kenari menjadi sangat rentan terhinggapi oleh beberapa penyakit.

  • 2. Faktor kedua yang harus dihindari yaitu terik sinar matahari. Sinar Matahari yang secara langsung kepada burung. Perlu diketahui bahwa Kenari anakan (f1 holland X af fusan), jika langsung terkena sinar matahari, apalagi saat panas terik akan berakibat buruk. Dampak dari terik matahari ini bahkan bisa menyebabkan burung mati akibat serangan heat stroke. Oleh sebab itu maka dianjurkan, pola penjemuran yang dilakukan harus pada waktu yang tepat, agar dapat memberikan banyak manfaat bagi burung Kenari kesayangan Anda. Jadi sebaiknya jemur burung pada pagi hari, dan pada saat sore hari saat sinar matahari tidak terlalu terik. Jika terpaksa harus menjemur burung di siang hari carilah tempat yang sejuk dan tidak langsung terkena terik sinar matahari.

  • 3. Penting untuk memperhatikan ketersediaan air bersih. Air bersih ini harus anda perhatikan setiap saat, sebab burung Kenari mempunyai metabolisme yang cukup tinggi, sehingga burung tidak boleh kekurangan air minum lebih dari 24 jam. Selalu berikan air minum yang bersih dan segar setiap harinya, dan usahakan kalau bisa jangan memberikan air minum dari keran yang mengandung banyak kaporit. Di beberapa daerah para penggemar kenari justru mereka lebih mementingkan dengan memberi burung minum dari air kemasan. Burung ini tergolong sangat peka dan mudah stress sehingga dalam merawat burung Kenari ini mau tidak mau anda harus sangat memperhatikan hal tersebut. Termasuk selalu memperhatikan kebersihan air minum untuk burung kicau yang satu ini supaya burung Kenari tetap dalam kondisi segar dan sehat.

  • 4. Menyediakan pakan biji-bijian. Jika anda cukup lama mengenal burung Kenari tentu sudah tahu kalau burung Kenari suka sekali memakan biji-bijian, dan memang sesuai dengan bentuk paruhnya sebagai burung pemakan biji. Oleh sebab itu maka anda harus selalu menyediakan biji-bijian untuk burung Kenari. Pastikan anda selalu mempunyai stok makanan biji-bijian yang cukup untuk setiap harinya. Pakan biji-bijian yang sangat bagus untuk burung Kenari seperti; canary seed, millet dan niger seed. Bahkan jika ingin lebih bagus lagi jika ketiga pakan biji-bijian tersebut dikombinasikan atau dicampurkan.

  • 5. Pemberian pakan tambahan atau (EF). Untuk variasi makan burung agar tidak jenuh anda perlu menambahkan menu yang lainnya, selain itu tujuan memberikan makanan tambahan ini juga dengan maksud untuk menjaga keseimbangan nutrisi yang dibutuhkan oleh burung Kenari. Misalnya saja berikan burung makanan seperti egg food yang memiliki banyak protein yang sangat dibutuhkan untuk Kenari yang sedang dalam masa pertumbuhan atau pada masa reproduksi.

  • 6. Memberikan mulivitamin dan suplemen pada burung Kenari. Pentingnya memberikan multivitamin tentu saja untuk menjaga stamina burung, sebab jika kekurangan vitamin burung Kenari sering mengalami defisiensi, atau gangguan kesehatan. Misalnya, jikaa burung memperoleh asupan kecukupan vitamin A, dan C, namun tidak mendapat vitamin B dan D yang cukup, bisanya burung Kenari sering mengalami defisiensi penglihatan atau kondisi tubuh burung lemah sehingga mudah loyo. Untuk menghindari hal tersebut pastikan burung Kenari mendapatkan kecukupan vitamin misalnya dengan selalu memberinya BirdVit secara rutin.

  • 7. Pemberian mineral Untuk burung Kenari. Memberikan mineral dalam jumlah cukup ini juga sangat penting. Sama seperti vitamin, mineral juga mengandung banyak zat yang dibutuhkan oleh burung seperti zat besi, seng, kalsium, kalium, fosfor, dan magnesium. Mineral ini sangat dibutuhkan burung Kenari, meski tidak harus dalam jumlah yang terlalu banyak. Untuk mineral secara alami anda bisa membuat makanan mineral ini seperti dari tulang sotong atau cumi. Tetapi jika anda kesulitan mencari tulang sotong atau cumi ini, mungkin akan lebih mudah kalau anda membeli produk multimineral yang banyak dijual di toko atau kios burung. Misalnya seperti BirdMineral yang memiliki banyak kandungan multimineral yang lengkap.

  • 8. Kebersihan kandang burung Kenari. Ini juga faktor yang tidak kalah pentingnya untuk selalu diperhatikan. Kebersihan kandang sangat mempengaruhi kondisi burung Kenari supaya burung selalu sehat. Sebaiknya bersihkan kandang setiap hari dengan membuang kotorannya. Termasuk juga membersihkan tempat pakan dan air minum burung serta tenggeran dari kotoran, ini sebaiknya dilakukan paling tidak 1-2 hari sekali.

  • 9. Waspada dengan Kutu atau Tungau. Kutu atau tungau merupakan jenis parasit yang sangat berbahaya bagi burung. Tungau ini bisa membunuhburung dengan perlahan-lahan. Parasit ini biasanya bisa berada di dalam tubuh seperti cacing dan tungau yang hinggap di kantung udara. Bisa juga parasit ini berada di luar tubuh burung seperti tungau merah, atau tungau kaki yang dapat menyerang bagian kaki burung. Meski tidak menyebabkan kematian, tungau kaki pada kenari bisa membuat burung Kenari cacat. Cara pencegahan atau pengobatan untuk hama parasit ini, Anda bisa menggunakan produk obat burung yang sudah terpercaya seperti FreshAves. Kedua yaitu tungau kantung udara, yang masuk melalui saluran pernafasan burung, parasit ini bisa menyebabkan burung mandeg bunyi. Untuk menanggulangi atau mengobatinya bisa menggunakan obat burung yaitu BirdFresh. Sebaiknya baca cara penggunaanya menurut aturan pemakaian.

  • 10. Perhatikan kesehatan kuku burung Kenari. Kuku panjang pada burung kenari yang usianya sudah mencapai satu tahun, biasanya kukunya sudah tumbuh cukup panjang. Apalagi untuk anda yang menjadi penangkar burung, penting sebelum burung Kenari dijodohkan kuku-kukunya terutama untuk yang jantan harus sudah dipotong terlebih dulu. Sebab bisa melukai burung Kenari betina pada waktu dijodohkan.

Demikian 10 cara merawat burung kenari supaya tetap segar, sehat dan mempunyai stamina yang kuat. Jika burung Kenari selalu dalam kondisi sehat, tentu saja burung akan selalu rajin berkicau dan andapun sebagai pemiliknya tentu saja senang jika burung Kenari peliharaan terlihat selalu sehat dan stabil.

Cara Merawat Burung Kenari - Agar Tetap Gacor Dan Sehat - Kibung - Kicau Burung

Cara Merawat Burung Kenari - Agar Tetap Gacor Dan Sehat - Kibung - Kicau Burung

Terimakasih anda telah membaca artikel Kibung - Kicau Burung dengan judul Cara Merawat Burung Kenari - Agar Tetap Gacor Dan Sehat masih banyak artikel lainya yang bisa anda baca.
Share Artikel :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Support : Team Gardu | IDota 2 | Okezone
Copyright © 2015. Kibung - Kicau Burung - All Rights Reserved
Template Created by uzanc Published by Barc0de Lab
Proudly powered by Blogger