idota2

Tips Merawat Burung Jalak Suren Yang Sedang Mabung

{[['']]}
Cara Mengatasi Burung Jalak Suren Dalam Masa Mabung - Setiap burung pasti akan mengalami masa mabung dimana hampir semua bulu yang ada di tubuhnya mengalami kerontokan. Sebenarnya, mabung merupakan hal yang biasa terjadi pada burung baik peliharaan maupun burung liar. Hal ini merupakan kejadian alami yang terjadi pada hampir semua jenis burung tak terkecuali burung jalak suren. Maka dari itu disini saya akan membagikan tips merawat burung jalak suren yang sedang mabung.

Pada burung jalak suren, proses mabung akan terjadi pada usia sekitar 4 bulan hingga 5 bulan. Umumnya, burung jalak suren akan menjadi kurang aktif dan malas untuk berkicau. Hal ini sebenarnya merupakan waktu yang tepat untuk melatih kicauan dari burung jalak suren agar semakin bagus, diwaktu mabung inilah kesempatan paling baik untuk memasteri burung jalak suren supaya nantinya burung jalak suren setelah selesai mabung akan menjadi gacor dan menirukan suara masteran yang kita berikan saat burung masih dalam masa mabungnya. untuk cara memasteri burung jalak suren yang tepat kalian bisa baca di sini.

Berbeda dengan burung pada umumnya, jalak suren akan mengalami kerontokan di beberapa bagian tertentu saja. Selain itu, jalak suren akan mengumpulkan tenaga selama masa mabung agar proses mabung cepat usai dan bulu - buku baru akan kembali tumbuh. Karena jika jalak suren gagal melalui proses mabung dengan sempurna, bulu - bulu yang baru tumbuh juga akan mengalami kecacatan dan dapat membuat jalak suren macet berkicau.

Bagi kalian yang baru pertama kali merawat burung jalak suren yang mabung, mungkin kalian akan merasa bingung dan panik. Oleh karena itu, berikut ini adalah beberapa tips merawat burung jalak suren yang sedang mabung dengan benar di bawah ini.

http://kicaumaster89.blogspot.com/

Tips Merawat Burung Jalak Suren Yang Sedang Mabung

  • Memberi Multi Vitamin Tambahan
Umumnya, selama masa mabung, nafsu makan jalak suren juga akan mengalami penurunan. Di takutkan, akan ada penyakit yang menyerang jalak suren pada saat ia mengalami masa mabung. Oleh karena itu, pemberian multi vitamin yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh sekaligus mempercepat proses mabung merupakan penanganan yang sangat tepat. Namun, pemberian multi vitamin harus terjadwal dan konsisten agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

  • Tempatkan Kandang Jalak Suren di Tempat Yang Sejuk
Suhu juga dapat mempengaruhi proses mabung pada burung jalak suren. Jika kalian menaruh kandang jalak suren di tempat yang panas dan kering, maka jalak suren tidak dapat menuntaskan masa mabung dengan sempurna. Oleh karena itu, tempatkan kandang jalak suren di tempat yang sejuk dan lembab. Hal ini juga dapat membantu proses mabung agar lebih cepat selesai.
Selain itu, kalian bisa menutupi sangkar burung dengan krodong. Dengan begitu, sangkar burung lebih sedikit terkena sinar matahari dan menjadi lebih sejuk.

  • Jauhkan Jalak Suren Dari Hewan Lain
Jalak suren akan mengalami stress bila ia mendeteksi adanya makhluk lain di sekitarnya khususnya predator. Selama masa mabung, sebaiknya kalian menempatkan kandang jalak suren di tempat yang tidak terjangkau oleh hewan - hewan pemangsa seperti tikus, kucing, dan ular. 
Selain itu, kalian juga tidak boleh memeriksa keadaan jalak suren terlalu sering. Hal ini dikarenakan jalak suren yang sedang mabung akan merasa stress jika terlalu sering bertemu makhluk lain baik hewan, manusia, atau bahkan burung jalak suren lainnya.

  • Pakan Burung Jalak Suren Saat Mabung 
Pada burung jalak suren atau burung jalak uret yang dalam masa mabung, berikanlah pakan voer lele, ulat hongkong dan kroto, untuk ulat hongkong dan kroto kalian bisa memberikannya bergantian atau kalian selang seling, karena ulat hongkong dan kroto sangat baik untuk burung dalam masa mabung mengingat kroto dan ulat kandang mempunyai nilai nutrisi yang baik untuk burung dan sangat membantu untuk masa - masa mabung pada burung.

Lakukan perawatan pada burung jalak suren yang sedang dalam masa mabung seperti artikel di atas, memang butuh ketelatenan yang extra maksimal untuk perawatannya, dengan membaca tips merawat burung jalak suren yang sedang mabung saya yakin semua masalah akan teratasi.

Nah itu tadi sedikit tips merawat burung jalak suren yang sedang mabung, semoga cara di atas dapat membantu kalian yang sedang mengalami jalak suren atau jalak  uretnya yang sedang mabung.
Terimakasih telah berkunjung di blog saya salam kicaumaster.

Tips Merawat Burung Jalak Suren Yang Sedang Mabung - Kibung - Kicau Burung

Tips Merawat Burung Jalak Suren Yang Sedang Mabung - Kibung - Kicau Burung

Terimakasih anda telah membaca artikel Kibung - Kicau Burung dengan judul Tips Merawat Burung Jalak Suren Yang Sedang Mabung masih banyak artikel lainya yang bisa anda baca.
Share Artikel :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Support : Team Gardu | IDota 2 | Okezone
Copyright © 2015. Kibung - Kicau Burung - All Rights Reserved
Template Created by uzanc Published by Barc0de Lab
Proudly powered by Blogger