Merawat Cucak Hijau Supaya Gacor

{[['']]}
KIBUNG - Cara Merawat Cucak Hijau Supaya Gacor. Sahabat kicau mania, banyak sekali tips tentang bagaimana cara merawat burung Cucak Hijau supaya gacor. Tetapi kali ini saya ingin mencoba memberikan tips lain yang mungkin berguna untuk anda yang memiliki burung Cucak Hijau. Dalam merawat burung Cucak hijau ini sebetulnya hampir sama dengan merawat burung lainnya, yaitu sangat membutuhkan kesabaran. Burung merupakan jenis hewan yang boleh dibilang rentan dengan stress. Untuk itu dalam merawatnya memerlukan tips yang baik yang sesuai dengan karakter bawaan burung tersebut. Kita harus jeli dalam memperhatikan karakter yang dimiliki setiap burung yang kita pelihara, sebab cara merawat burung yang satu akan berbeda dengan merawat burung yang lainnya.


cara-merawat-burung-cucak-hijau-supaya-gacor


Tips Cara Merawat Cucak Hijau Agar Gacor

 

    • 1. Kita awali dari bagaimana cara memilih jenis kelamin burung, sebab biasanya burung yang gacor atau rajin berkicau yaitu burung dengan jenis kelamin jantan. Sangat penting mengetahui dan bisa membedakan antara yang mana burung betina atau jantan.

      • 2. Tips berikutnya sebaiknya burung Cucak Hijau dimandikan setiap pagi anda bisa menggunakan cara dengan menyemprotnya memakai spray. Akan lebih baik lagi apabila menggunakan tempat mandi berupa wadah yang agak lebar supaya burung lebih leluasa saat mandi. Sebaiknya dilakukan pada jam 7/8 pagi. 

        • 3. Setelah burung Cucak Hijau dimandikan lalu jemur kurang lebih sekitar 1 s/d 2 jam, selesai dijemur kemudian burung diangin-anginkan di tempat yang teduh.

          • 4. Berikan makanan yang cukup seperti pur yang berkualitas artinya yang memiliki banyak kandungan vitamin, protein yang dibutuhkan untuk pertumbuhan burung.

            • 5. Untuk makanan tambahan (EF: Extra Fooding) berikan 2/3 ekor jangkrik setiap pagi dan sore hari atau berikan makanan tambahan lainnya seperti ulat hongkong, berikan satu sendok makan untuk 2-3 hari. Agar makanan burung bervariasi anda bisa juga dengan memberikan kroto.

              • 6. Langkah selanjutnya lakukan pemasteran suara, ini bisa dilakukan dengan bantuan suara burung lain secara langsung dengan cara didekatkan dengan burung Cucak Hijau lain yang sudah gacor. Tetapi jika anda hanya memiliki satu burung Cucak Hijau, untuk pemasteran suara ini bisa menggunakan media lain seperti suara rekaman burung Cucak Hijau.

                • 7. Karena burung ini termasuk jenis binatang peliharaan yang mudah stress, maka untuk menghindari burung mandeg, alias berhenti bersuara hal yang cukup penting yaitu menciptakan suasana nyaman disekitar burung. Misalnya saja anda bisa menggunakan media suara gemericik air secara alami yang dapat anda buat dengan menggunakan plastik dengan ukuran cukup besar, lalu diberi lubang sedikit untuk keluar air dan dibawahnya taruh wadah untuk menampung air agar terdengan suara gemericik air.

                  Perawatan Cucak Hijau Untuk Persiapan Lomba

                  Cara merawat burung Cucak Hijau pada saat akan diikut sertakan untuk lomba hampir sama dengan perawatan hariannya. Adapun tujuan pada perawatan khusus pada saat persiapan lomba yaitu mempersiapkan mental burung agar tingkat birahinya bisa sesuai dengan yang kita inginkan. Selain itu perawatan ini dilakukan agar stamina burung Cucak Hijau yang akan di ikutkan pada lomba mempunyai kondisi prima dan stabil. Kunci sukses perawatan ini adalah dengan mengetahui dengan baik ciri-ciri yang paling mendasar untuk dari setiap burung.

                  Berikut cara merawat burung Cucak Hijau untuk persiapan lomba :
                    • 1. 3 hari sebelum lomba, berikan jangkrik 10 ekor setiap pagi dan 6 ekor pada sore hari.

                      • 2. 2 hari sebelum lomba, burung sebaiknya dijemur maksimal selama 30 menit.

                        • 3. 1 jam sebelum lomba, berikan 3 ekorjangkrik dan 10-20 ulat hongkong. Jika burung bisa di ikut sertakan untuk turun lomba lagi, berikan  1 ekor jangkrik.

                          Penting diperhatikan!
                            • 1. Jangan mandikan burung pada saat lomba di lapangan, sebab hal tersebut bisa membuat birahi serta stamina burung menjadi tidak stabil.

                              • 2. Berikan waktu pada burung untuk bisa beradaptasi sesaat dengan kondisi dan situasi di lapangan, hal ini baik dilakukan agar burung tidak kaget.

                                Perawatan Burung Cucak Hijau Pasca Lomba

                                Perawatan pasca lomba penting dilakukan untuk memulihkan kembali kondisi serta stamina burung agar stabil.

                                  • 1. Porsi pemberian makanan tambahan atau EF sebaiknya dikembalikan ke stelan harian.

                                    • 2. Berikan multivitamin dalam air minum pada hari pertama sampai hari ketiga sesudah lomba.

                                      • 3. Lakukan penjemuran burung maksimal selama 30 menit.

                                        Merawat Cucak Hijau Supaya Gacor - Kibung - Kicau Burung

                                        Merawat Cucak Hijau Supaya Gacor - Kibung - Kicau Burung

                                        Terimakasih anda telah membaca artikel Kibung - Kicau Burung dengan judul Merawat Cucak Hijau Supaya Gacor masih banyak artikel lainya yang bisa anda baca.
                                        Share Artikel :

                                        Tidak ada komentar:

                                        Posting Komentar

                                         
                                        Support : Team Gardu | IDota 2 | Okezone
                                        Copyright © 2015. Kibung - Kicau Burung - All Rights Reserved
                                        Template Created by uzanc Published by Barc0de Lab
                                        Proudly powered by Blogger