Merawat Cucak Hijau Saat Mabung

{[['']]}
KIBUNG - Cara merawat Cucak Hijau saat mabung. Sahabat kicau kacer mania, perawatan pada saat burung Cucak Hijau mabung atau rontok bulu ini harus diperhatikan dengan baik. Kondisi mabung ini merupakan siklus yang terjadi secara alami pada setiap burung. Pentingnya memahami bagaimana cara merawat burung Cucak Hijau yang sedang mabung sebab jika perawatan yang dilakukan salah justru bisa membuat burung menjadi rusak. Menurut para ahli hewan, pada saat burung dalam kondisi mabung, metabolisme tubuh burung meningkat hingga 40% dari keadaan normal.

Sebab demikian maka burung perlu mendapatkan masupan nutrisi makanan atau minuman yang berkwalitas baik dengan pemberian porsi yang juga lebih besar dari keadaan normal. Hindari untuk mempertemukan burung Cucak Hijau dengan burung sejenis, sebab dapat menimbulkan stress yang akan mengganggu proses mabung. Efek yang ditimbulkan pada saat burung mabung yaitu ketidak seimbangan hormon pada burung, sebab proses mabung ini ada hubungannya juga dengan hormon reproduksi.

merawat-cucak-hijau-mabung

Cara Merawat Burung Cucak Hijau Saat Mabung


    • 1. Tempatkan burung di area sepi atau tidak terlalu berisik, sebaiknyua jauh dari jalan raya dan hiruk pikuk lalu lalang manusia. Pada kondisi mabung sebaiknya burung harus lebih sering di dalam kerodong. Mandikan burung cukup 1 x 1 dalam seminggu dan jemur maksimal 30 menit setiap harinya.

      • 2. Pemberian porsi makanan tambahan atau (EF) sebaiknya ditambahkan dari biasanya. Pemberian porsi yang lebih banyak dari biasanya ini adalah untuk proses pembentukan sel-sel baru dalam perkembangan tumbuhnya bulu baru pada burung.

          • 3. Misalnya porsi yang diberikan : Untuk stelan jangkrik 5 ekor pagi dan 5 ekor sore hari, kroto 1 sendok makan berikan setiap pagi ditambah ulat hongkong sebanyak 3 ekor tiap pagi. Berikan juga air minum yang mengandung multivitamin berkualitas yang bisa dimasukkan ke dalam air minum. Sebaiknya diberikan 2 x 1 dalam seminggu.

              • 4. Selain itu berikan cukup banyak makanan buah seperti buah pepaya, buah pepaya ini akan mudah dicerna oleh burung sehingga dapat melancarkan proses metabolisme. Selain itu buah Pepaya ini juga memiliki kandungan vit. c yang mampu menambah meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh burung.

                  • 5. Lakukan pemasteran. Pada saat kondisi burung sedang mabung sering membuat burung lebih banyak diam dan mendengar ketimbang berkicau. Saat ini merupakan waktu yang tepat untuk melakukan pemasteran atau melatih burung dengan memberinya variasi nada yang cocok dengan sesuai keinginan kita. Lakukan pemasteran secara rutin selama mabung, cocokkan juga ciri-ciri serta jenis nada burung Cucak Hijau anda dengan suara nada burung masteran

                    Demikian beberapa tips bagaimana cara merawat burung Cucak hijau saat mabung. Semoga saja dapat dijadikan sebagai referensi yang bisa membantu dan bermanfaat. Akan sangat dibutuhkan kesabaran, keuletan dalam merawat dan memelihara burung, dengan begitu maka kita bisa memiliki burung yang sehat dengan kondisi yang prima.

                    Merawat Cucak Hijau Saat Mabung - Kibung - Kicau Burung

                    Merawat Cucak Hijau Saat Mabung - Kibung - Kicau Burung

                    Terimakasih anda telah membaca artikel Kibung - Kicau Burung dengan judul Merawat Cucak Hijau Saat Mabung masih banyak artikel lainya yang bisa anda baca.
                    Share Artikel :

                    Tidak ada komentar:

                    Posting Komentar

                     
                    Support : Team Gardu | IDota 2 | Okezone
                    Copyright © 2015. Kibung - Kicau Burung - All Rights Reserved
                    Template Created by uzanc Published by Barc0de Lab
                    Proudly powered by Blogger