Merawat Burung Anis Merah

{[['']]}
KIBUNG - Cara merawat burung Anis Merah agar gacor. Buat para sahabat kicau mania yang memiliki burung Anis Merah kali ini saya ingin mencoba berbagi tips tentang bagaimana cara merawat Anis Merah supaya gacor alias rajin berbunyi. Selain itu perawatan yang dilakukan untuk menjaga agar burung Anis Merah kesayangan tetap sehat dan memiliki stamina yang prima dengan kondisi burung yang slalu stabil. Untuk itu ada beberapa faktor penting berikut ini yang harus anda perhatikan dalam merawat burung Anis Merah.


merawat-burung-anis-merah

    • Perhatikan Tempat: Anis merah bisa dipelihara dengan sangkar bulat maupun kotak ukuran 40 x 40 x 60 cm atau bisa juga bulat dengan diameter 30 cm. Sementara tenggeran atau pangkringan bisa dibuat dengan diameter 1,5 cm, dengan bahan cabang kayu asam yang keras, usahakan permukaan kulit pilih yang agak kasar agar burung bisa untuk mengasah paruh supaya tidak runcing. Untuk perawatan harian siang hari Anis Merah tidak perlu dikerodong, untuk kerodong bisa dilakukan malam hari saja agar burung tidak kedinginan.

      • Perhatikan Pakan: Faktor penting yang paling utama perlu diperhatikan yaitu mengenai pakan atau makanan burung. Buatlah menu yang bervariasi agar burung mendapatkan cukup nutrisi, vitamin dan mineral. Pakan yang bagus, dan memiliki kelengkapan nutrisi penting untuk meningkatkan pertumbuhan, seperti protein, karbohidrat, juga lengkap vitaminnya seperti vitamin A, D3, E, B1, B2, B3 (Nicotimanide) B6, B12, C dan K3. Selain itu, perlu pula mengandung zat esensial seperti D-L Methionine, I-Lisin HCl, Folic Acid, Vitamin B dan Ca-D

      Selain kecukupan vitamin, burung juga memelukan kecukupan mineral. Sebab mineral sangat dibutuhkan dalam pembentukan darah dan tulang, keseimbangan cairan tubuh, fungsi syaraf yang sehat, fungsi sistem pembuluh darah jantung dan lain-lain. Vitamin dan mineral berfungsi sebagai ko-enzim, yang memungkinkan tubuh burung dapat melakukan fungsinya seperti memproduksi tenaga, pertumbuhan dan penyembuhan saat kodisi sakit. Mineral yang dibutuhkan oleh Burung Anis Merah yaitu Calcium, Phosphor, Iron, Manganase, Iodium, Cuprum, Zinccum, Magnesium, Sodium Chlorin dan Kalium.


      Makanan Yang Sesuai Untuk Burung Anis Merah

      Makanan jenis Voer. Makanan jenis ini sebaiknya dipilih yang memiliki kadar protein sedang antara 12%-18%. Pintarlah dalam memilih voer, sebab belum tentu voer dengan harga mahal akan cocok untuk semua jenis burung. Juga belum tentu cocok dengan sistem metabolisme setiap burung Anis Merah. Pakan voer usahakan selalu ada dan mencukupi untuk setiap harinya di dalam cepuk pakan. Untuk penggantian pakan voer ini sebaiknya diganti dengan voer yang baru setiap 2 hari sekali.

      Makanan jenis Buah Segar. Burung Anis Merah suka sekali dengan buah Pepaya, Pisang Kepok Putih, Apel, Pir, Tomat dan buah segar lainnya. Disarankan untuk lebih banyak memberikan buah Pepaya, selain mengandung vitamin C yang tinggi, buah Pepaya ini juga dapat melancarkan saluran pencernaan sehingga bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh burung. Selain itu, buah Pepaya mudah dicerna oleh burung dan sangat cocok dengan sistem metabolisme burung Anis Merah.

      EF (Extra Fooding). Makanan tambahan ini juga merupakan faktor baik dan akan sangat membantu untuk pertumbuhan burung Anis Merah seperti: Jangkrik, Orong-orong, Kroto, Cacing, Ulat Hongkong, Ulat Bambu, Kelabang, Belalang dan lainnya. Tetapi di dalam pemberian EF atau makanan tambahan ini tentu harus disesuaikan dengan karakter pada masing-masing burung, terutama untuk burung Anis Merah. Selain memahami kelebihan dan manfaat EF anda juga harus mengetahui dengan baik apa saja efek samping serta dampak klausal yang ditimbulkan dari pemberian masing-masing EF tersebut.


      Perawatan dan setelan harian yang bisa anda terapkan untuk Burung Anis Merah. Sebetulnya dalam melakukan perawatan harian untuk burung Anis Merah ini hampir mirip atau sama dengan cara merawat dan memelihara burung jenis lain, hanya saja kunci sukses dan keberhasilan dalam melakukan perawatan harian adalah kesabaran dan disiplin dan konsisten dalam merawat burung Anis Merah kesayangan.


      Pola Perawatan Harian dan Stelan Harian untuk burung Anis Merah

      Jam 07.00 burung diangin-anginkan di tempat terbuka seperti diteras rumah. Kemudian sekitar Jam 07.30 sebaiknya burung dimandikan bisa di dalam keramba agar mandinya lebih leluasa, atau bisa juga dimandikan dengan cara disemprot.

      1. Bersihkan kandang setiap hari. Selain itu ganti atau tambahkan Voer, Air Minum dan buah segar.
      2. Berikan Jangkrik 2 ekor pada cepuk EF. Jangan memberikan Jangkrik langsung pada burung, usahakan kaki dan kepala Jangkrik dibuang terlebih dahulu sebelum disimpan didalam tempat pakan EF.
      3. Penjemuran bisa anda lakukan selama 1-2 jam setiap hari, mulai pukul 08.00-11.00. Selama penjemuran, sebaiknya usahakan agar burung tidak melihat burung sejenis lainnya.
      4. Setelah dijemur, angin-anginkan kembali burung tersebut diteras rumah atau di tempat terbuka selama 10 menit, setelah itu sangkar dikerodong.
      5. Untuk siang hari sampai sore antara jam 10.00 s/d jam 15.00 burung Anis Merah dapat diberikan pemasteran dengan memperdengarkan suara-suara burung Anis Merah Master atau suara burung master lain yang sudah gacor.
      6. Berikutnya pada Jam 15.30 burung diangin-anginkan kembali, bisa juga dimandikan lagi jika perlu.
      7. Berikan Jangkrik 1 ekor pada cepuk EF.
      8. Jam 18.00 burung kembali dikerodong dan di perdengarkan suara burung Master yang sudah gacor beberapa saat kemudian simpat burung untukistirahat sampai pagi.

      Penting!
      • Kroto segar diberikan 1 sendok teh maksimal 2x seminggu. Contoh setiap hari Senin pagi dan hari Kamis pagi.
      • Pemberian Cacing diberikan 2 ekor 1x seminggu. Contoh setiap hari Senin pagi.
      • Buah Segar diberikan rutin setiap hari, dengan format: Hari Senin sampai hari Kamis berikan buah Pepaya, hari Jum’at dan hari Sabtu berikan Apel atau Pisang atau buah lainnya.
      • Berikan Multivitamin yang sudah anda campur pada air minum dalam 1 minggu sekali.

      Penanganan burung anis merah over birahi

      1. Pangkas porsi Jangkrik menjadi 1 pagi dan 1 sore.
      2. Lakukan pengembunan pada jam 05.30 s/d 06.00 pagi.
      3. Berikan Cacing 1 ekor 2 x seminggu.
      4. Frekuensi mandi usahakan lebih sering, pada pagi, siang juga sore hari.
      5. Lamanya penjemuran dikurangi menjadi 30 menit per hari.
      6. Burung sebaiknya diisolasi, untuk tidak melihat dan mendengar suara burung Anis Merah lain selama dalam masa perawatan.

      Merawat Burung Anis Merah - Kibung - Kicau Burung

      Merawat Burung Anis Merah - Kibung - Kicau Burung

      Terimakasih anda telah membaca artikel Kibung - Kicau Burung dengan judul Merawat Burung Anis Merah masih banyak artikel lainya yang bisa anda baca.
      Share Artikel :

      Tidak ada komentar:

      Posting Komentar

       
      Support : Team Gardu | IDota 2 | Okezone
      Copyright © 2015. Kibung - Kicau Burung - All Rights Reserved
      Template Created by uzanc Published by Barc0de Lab
      Proudly powered by Blogger